Salah satu jenis makanan yang unik lucu oseng-oseng mercon yang merupakan ciri khas dari Kota Pelajar ini sudah sangat terkenal dengan rasa pedasnya yang sangat menggigit lidah. Sesuai dengan namanya, cita rasa pedas yang terkandung pada hidangannya juga bisa langsung meledak seperti granat dan mercon yang meledak di dalam mulut. Wah…bisa anda bayangkan bukan?

Makanan unik lucu oseng-oseng mercon ini rupanya tidak hanya populer di daerah asalnya, yaitu kota Yogyakarta saja. Bahkan, kuliner yang satu ini sudah ditunjuk sebagai salah satu legenda kuliner khas Nusantara karena ketenaran dan rasa lezata yang terkandung pada hidangannya. Rasa pedasnya itu dijamin bisa membuat wajah kita merah padam.

Kuliner ini dinamakan lucu oseng-oseng mercon memang dikarenakan rasa pedasnya yang membuat mulut seakan mau meledak. Bahkan, Chef Deden Gumilar, yang merupakan ikon chef dari brand Kecap Bango, tak dapat menahan rasa terbakar di dalam mulutnya pada saat mencicipi oseng-oseng mercon buatannya sendiri.

Oseng-oseng mercon ini dibuat dengan bahan dasar daging koyor ataupun tetelan sapi. Akan tetapi, kita juga bisa membuatnya dengan daging khas dalam ataupun khas luar (rib eye) jika ingin lebih cepat masak. Menurut Executive Chef The Park Lane Jakarta ini, pada jaman dahulu, banyak orang Indonesia yang sangat kreatif sehingga menggunakan daging yang relatif berharga murah saja. Pada awalnya, orang Indonesia membuat hidangan tersebut dengan tetetan sapi yang alot dan banyak lemaknya. Maka dari itulah harus dimasak lebih lama supaya matang.

Apabila anda tidak tinggal di kotaYogyakarta ini, anda juga bisa membuat oseng-oseng mercon ini sendiri. Karena Chef Deden juga tak pelit untuk membagikan resep legendaris sajian yang satu ini pada Festival Jajanan Bango 2013 yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di kota Jakarta.

Oseng-oseng mercon ini diolah dengan menggunakan bahan-bahan seperti tetelan daging sapi yang diiris tipis, daun salam, lengkuas yang diiris,  gula merah, minyak goring sedikitnya, air matang, garam, dan kecap manis secukupnya untuk menambah rasa gurih dan manis pada dagingnya. Selain itu, siapkan juga bumbu halus, seperti cabai rawit merah, cabai merah keriting, bawang putih, dan juga jahe.

Proses pembuatannya adalah dengan menumis lengkuas, daun salam, dan bumbu halus hingga matang. Kemudian masukkan daging tetelan ke dalamnya sambil terus diaduk-aduk hingga merata, lalu masukkan air matang dan masak hingga daging empuk. Lalu tambahkan garam, gula merah, dan kecap manis. Setelah matang, taburkan dengan bawang goreng di atasnya.

0 Responses to "Yang Unik Lucu Oseng - Oseng Mercon"

Posting Komentar

  • Categories

    About Me

    Pengikut